Panduan Bermitra Ikatan Dokter Anak Indonesia

Pendahuluan

Panduan Bermitra Ikatan Dokter Anak Indonesia adalah kumpulan pokok pikiran yang diharapkan menjadi acuan dalam hubungan antara Ikatan Dokter Anak Indonesia baik sebagai organisasi profesi maupun para anggotanya dengan Mitra dalam melaksanakan kegiatan bersama. Panduan Bermitra ini disusun dengan menerapkan prinsip-prinsip dalam Kode Etik Kedokteran Indonesia dan International Pediatric Association Guidelines for Relationship with Industry, bertujuan untuk menjaga integritas dokter spesialis anak Indonesia dalam mengamalkan tanggung jawab profesi kedokteran dalam praktik sehari-hari.

 

Penjelasan

  1. Yang dimaksud dengan IDAI adalah Pengurus Pusat IDAI dengan semua badan pelengkapnya, IDAI Cabang, dan Kolegium IKA.
  2. Yang dimaksud dengan Mitra adalah pelaku bisnis atau industri misalnya perusahaan susu formula, susu pertumbuhan, makanan bayi, farmasi, serta lainnya yang melakukan kegiatan bersama IDAI.

 

Prinsip Umum

  1. Kegiatan kemitraan harus mengacu kepada visi dan misi IDAI.
  2. Kegiatan kemitraan mendukung upaya peningkatan kesehatan anak dan kompetensi dokter spesialis anak maupun tenaga kesehatan lain yang memberikan pelayanan kesehatan anak.
  3. IDAI mendukung sepenuhnya International Code on the Marketing of Breast Milk Substitutes dan resolusi terkait.
  4. IDAI tidak bekerjasama dengan perusahaan susu formula untuk kegiatan yang isi materinya terkait bayi usia 0 – 12 bulan
  5. Kemitraan berbentuk kegiatan penelitian dan ilmiah, baik dalam lingkungan akademik, pelayanan klinis, maupun komunitas.
  6. Kegiatan kemitraan tidak untuk memasarkan produk tertentu.
  7. IDAI tidak melakukan endorsement produk tertentu.
  8. IDAI tidak bermitra dalam bentuk kegiatan apapun dengan industri terkait tembakau dan produk tembakau, alkohol untuk dikonsumsi, dan senjata.
  9. Kegiatan IDAI dengan organisasi lain yang tidak bersifat mencari keuntungan terikat pada Panduan Bermitra IDAI.
  10. Kegiatan kemitraan, apabila terkait produk tertentu dari Mitra, disertai setidaknya satu kegiatan bersifat corporate social responsibility (CSR) yang bentuknya ditentukan oleh IDAI.
  11. Kemitraan dilandasi itikad yang baik dan saling percaya.
  12. Semua bentuk kegiatan IDAI dan Mitra tercantum dalam nota kesepahaman (Memorandum of Understanding; MoU) yang ditandatangani kedua pihak, berisi pernyataan untuk mematuhi Panduan Bermitra yang dikeluarkan oleh IDAI. Nota kesepahaman antara IDAI Cabang dan Mitra wajib dilaporkan kepada Pengurus Pusat IDAI sebelum ditandatangani.
  13. Penggunaan logo diatur dalam bab tersendiri Kompendium IDAI.

 

Kegiatan Ilmiah

  1. Kegiatan ilmiah yang dimaksud adalah kongres, simposium, seminar, pelatihan, workshop, atau round table discussion untuk dokter spesialis anak atau tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan anak. Kegiatan ilmiah untuk awam dapat berupa seminar, talk show, kursus, tayangan media, terapan teknologi mutakhir seperti aplikasi atau bentuk kegiatan lainnya yang bertujuan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak.
  2. Mitra tidak diperkenankan memberikan sambutan (welcome speech).
  3. Di dalam ruangan kegiatan ilmiah hanya diperbolehkan memasang spanduk, backdrop, atau tayangan slide yang menyantumkan informasi kegiatan ilmiah yang sedang berlangsung, logo IDAI, dan logo kegiatan apabila ada.
  4. Pengurus dan anggota IDAI yang terlibat dalam kegiatan resmi IDAI bersama Mitra tidak diperkenankan tampil bersama identitas produk Mitra (logo produk, penyebutan nama produk, seragam atau color coding sesuai produk, pernyataan yang bersifat endorsement, atau yang lainnya) yang dapat menimbulkan kesan promosi produk. Dalam tayangan media elektronik, apabila ada iklan produk tertentu, maka iklan tersebut harus ditayangkan terpisah dan tidak menjadi bagian dari kegiatan IDAI.
  5. Mitra tidak melakukan promosi produk di dalam ruangan kegiatan ilmiah, baik dalam bentuk presentasi maupun sarana promosi lainnya (misalnya banner, spanduk, tayangan slide, umbul – umbul).
  6. Mitra tidak memberikan door prize atau hadiah kepada peserta kegiatan ilmiah.
  7. Mitra tidak membagikan gimmick yang tidak ada kaitannya dengan kesehatan dan menyantumkan produk.
  8. Mitra diperkenankan menyediakan seminar kit (tas) dengan hanya menyantumkan logo perusahaan Mitra (bukan produk) yang tidak terlihat dari luar (di bagian dalam tas) dan tidak menyantumkan logo IDAI dan nama kegiatan ilmiah.
  9. Mitra diperkenankan membagikan leaflet informasi khusus untuk produk yang berbasis bukti ilmiah kepada peserta dalam kegiatan ilmiah yang diikuti hanya oleh dokter spesialis anak.
  10. Mitra diperkenankan memaparkan informasi khusus mengenai produk berbasis bukti ilmiah dalam kegiatan ilmiah yang diikuti hanya oleh dokter spesialis anak, untuk tujuan pendidikan. Paparan untuk tujuan pendidikan misalnya berupa presentasi cara penggunaan alat ekokardiografi atau ventilator mekanik, cara menyiapkan human milk fortifier (HMF) untuk diberikan pada bayi, komposisi formula khusus untuk kondisi tertentu, atau fitur lain khusus produk tersebut yang belum diketahui secara luas oleh dokter spesialis anak.
  11. Pernyataan mengenai conflict of interest antara Panitia dan Pembicara dengan Mitra disampaikan kepada peserta dalam bentuk disclosure pada slide pertama presentasi atau dalam buku program.
  12. Ucapan terima kasih (acknowledgement) dapat dicantumkan pada buku program kegiatan ilmiah terkait, dapat menyantumkan logo perusahaan namun tidak logo produk. Pada kegiatan ilmiah besar, acknowledgement dapat disampaikan dalam bentuk penghargaan kepada Mitra dalam acara penutupan.

 

Pameran Mitra

  1. Pameran Mitra yang dimaksud adalah kegiatan pameran yang dilaksanakan oleh mitra saat acara ilmiah IDAI berlangsung.
  2. Kegiatan pameran dilaksanakan di ruang terpisah dari acara ilmiah.
  3. Pada area pameran Mitra produsen susu formula, harus ada pernyataan yang jelas mengenai keunggulan ASI dan ASI harus menjadi pilihan pertama nutrisi bayi.
  4. Ketentuan peserta pameran untuk acara yang dihadiri oleh dokter spesialis anak dan tenaga kesehatan lainnya:
    1. Tidak diperkenankan menyelenggarakan games, membagikan hadiah, dan door prize.
    2. Diperbolehkan memberikan gimmick yang berhubungan dengan penambahan ilmu pengetahuan atau keterampilan.
    3. Diperkenankan mengadakan kuis dengan syarat hadiah yang diberikan terkait ilmiah untuk meningkatkan ilmu pengetahuan.

 

Penelitian

  1. Mitra diperkenankan memberikan bantuan untuk penelitian yang dilakukan oleh IDAI atau perorangan yang bertujuan mendukung upaya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan anak.
  2. Mitra dapat meminta bantuan IDAI untuk melakukan penelitian untuk menilai efektifitas, efikasi, atau safety dari produknya, dengan ketentuan:
    1. Penelitian dilaksanakan sesuai dengan kaidah penelitian yang berlaku.
    2. Mitra sama sekali tidak terlibat dalam pelaksanaan penelitian.
    3. IDAI mempunyai hak untuk mempublikasikan hasil penelitian tanpa penyuntingan maupun pengaruh dari Mitra yang memberikan bantuan.
    4. Nota kesepahaman IDAI dan Mitra harus menyantumkan persetujuan bersama untuk mentaati Panduan Bermitra IDAI di bidang penelitian.

 

Perorangan

  1. Mitra diperkenankan mendukung anggota IDAI untuk mengikuti kegiatan ilmiah, baik tingkat lokal, nasional, ataupun internasional.
  2. Bentuk dukungan untuk anggota IDAI mencakup biaya registrasi, transportasi dan akomodasi, dan dilaksanakan sesuai peraturan yang berlaku.
  3. Dukungan yang diberikan oleh Mitra kepada anggota IDAI tidak boleh dikaitkan dengan kewajiban untuk mempromosikan atau meresepkan suatu produk.
  4. Anggota IDAI tidak diperkenankan menerima contoh produk, kecuali untuk kepentingan kajian ilmiah.
  5. Anggota IDAI yang diminta sebagai narasumber suatu kegiatan ilmiah memperhatikan panduan kegiatan ilmiah tersebut di atas.

 

Kewajiban dan Sanksi

  1. Semua perangkat organisasi dalam IDAI dan Mitra yang akan melakukan kegiatan bersama IDAI wajib menaati panduan yang telah ditetapkan.
  2. Pengurus Pusat IDAI menunjuk anggota atau badan pelengkap untuk melakukan kajian yang diperlukan dan memantau pelaksanaan Panduan Bermitra IDAI.
  3. Mitra yang melanggar ketentuan yang telah ditetapkan dalam Panduan Bermitra IDAI akan mendapat sanksi:
    1. Mitra tidak diperkenankan berpartisipasi dalam acara IDAI.
    2. IDAI sebagai organisasi beserta semua jajarannya (baik di tingkat pusat maupun cabang) tidak akan bekerja sama dengan Mitra terkait selama jangka waktu tertentu. Jika pelanggaran dianggap berat, maka ketentuan untuk tidak bekerja sama dapat dilanjutkan sampai waktu yang tidak terbatas dengan tidak menutup kemungkinan ditetapkan ketentuan tambahan oleh IDAI.
  4. Anggota IDAI yang melanggar Panduan Bermitra IDAI akan ditindaklanjuti oleh Dewan Etik (DE) dan Badan Pembinaan dan Pembelaan Anggota (BP2A) sesuai ketentuan IDAI yang berlaku.

 

 

Jakarta, Desember 2018

 

Ikatan Dokter Anak Indonesia