Message From The President

Selamat datang di website IDAI!

Website IDAI merupakan wadah informatif, baik bagi para dokter anak, maupun seluruh masyarakat, pemerintah, dan stakeholder kesehatan lain di Indonesia dalam bersinergi mewujudkan putra-putri bangsa yang lebih sehat. Dalam website ini, tersedia berbagai referensi, rekomendasi, dan informasi seputar kesehatan anak lainnya yang selalu up to date.

Tujuan kami mengembangkan website IDAI ini tidak terlepas dari masih banyaknya problem kesehatan anak di Indonesia yang belum terselesaikan. Menurut Badan Pusat Statistik, estimasi penduduk Indonesia tahun 2013 adalah 248.422.956 jiwa dan 93.559.123 di antaranya adalah anak. Benar-benar suatu jumlah yang fantastis bila dibandingkan dengan jumlah dokter anak yang hanya 3284 orang! Berkaca dari fakta ini, selain berupaya menambah jumlah dokter anak yang berkualitas di Indonesia, IDAI mengembangkan website yang diharapkan dapat membantu masyarakat berperan lebih aktif dalam meningkatkan derajat kesehatan anak Indonesia.

Selain persoalan di atas, problematika kesehatan anak di Indonesia secara umum sangat kompleks. Angka kematian bayi dan anak masih cukup tinggi, dan penyebabnya didominasi oleh infeksi saluran pernapasan, diare, malaria, HIV/AIDS, tuberkulosis, berbagai penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin, gizi buruk, serta penyakit tidak menular yang diprediksi akan terus meningkat jumlahnya. Menghadapi kondisi ini, IDAI bergerak dan melangkah ke depan dengan berpedoman pada NICE JOB, yaitu:

Networking

IDAI mengupayakan hubungan kemitraan yang sinergis dengan masyarakat, pemerintah, tenaga kesehatan lain, sektor swasta dan LSM.

NoncommunICable Diseases (NCD)

NCD atau penyakit tidak menular bertanggungjawab atas 63% angka kematian penduduk dan 1,2 juta kematian anak di dunia. Namun, sebagian besar perjalanan penyakit tersebut dapat dicegah sejak usia dini. Oleh karena itu, IDAI turut berpartisipasi dalam segala upaya pencegahan dan penatalaksanaan dini kasus NCD.

Era Registry

Sistem pencatatan medis yang baik merupakan mata rantai utama dalam penentuan prioritas, kebijakan strategis dan tindakan terhadap masalah kesehatan Indonesia. Dengan dasar tersebut, IDAI berupaya menjadi leader penerapan sistem registri terkait penyakit anak di Indonesia.

JKN/BPJS/KIS

Demi terciptanya pelayanan kesehatan anak indonesia yang optimal, IDAI mendukung penuh program kesehatan pemerintah dengan turut menyuarakannya pada masyarakat.

GlObal Inequalities

Sudah saatnya isu kesenjangan pelayanan kesehatan di dunia, terutama di negara berkembang, termasuk Indonesia, mendapat perhatian khusus. Dalam membantu anak Indonesia memperoleh hak kesehatan secara adil dan merata, IDAI mendorong kerjasama yang baik antara dokter spesialis anak dengan pemerintah, meningkatkan peran tenaga kesehatan lainnya, dan mencerdaskan masyarakat.

Beyond MDGs

Millennium Development Goals (MDG) adalah program hasil kesepakatan berbagai negara yang dijalankan sejak tahun 1990 hingga 2015 dengan target di bidang kesehatan mencakup penurunan angka kematian anak, peningkatan kesehatan ibu, dan eradikasi HIV/AIDS, malaria, serta penyakit lainnya. Namun, perlu disadari bahwa selain masalah MDGs, pergeseran tren dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular juga harus mendapat perhatian khusus. Tahun 2015 merupakan titik akhir dari MDGs, sekaligus titik awal dari perubahan baru dalam bidang kesehatan dan IDAI akan turut aktif di dalamnya.

Dengan demikian, jelas sudah bahwa berbagai masalah baru mulai teridentifikasi. Tantangan sudah di depan mata dan diperlukan kerjasama berbagai sektor untuk mengatasinya. Kami tidak dapat melangkah sendiri. Kami nantikan langkah Anda demi anak Indonesia yang lebih sehat.

Children are the most vulnerable citizens in any society and the greatest of our treasures - (Nelson Mandela: Nobel Prize ceremony, Oslo, Norway, 1993)

DR. Dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K)

Ketua Umum Pengurus Pusat IDAI