Tanya Jawab Cacar Air


Bila anak timbul beberapa gelembung cacar air, dapatkah vaksinasi cacar air untuk mencegah bertambah banyaknya gelembung cacar air ?

Tidak bisa, sudah terlambat. Bila sudah timbul gelembung cacar air, berarti anak tersebut sudah tertular 3 - 7 hari yang lalu, virus cacar air sudah berkembang biak dan menyebar keseluruh tubuh anak, sehingga vaksinasi cacar air tidak dapat menghentikan proses tersebut.

Bila di dalam rumah atau sekolah ada penderita cacar air, apakah anak lain harus segera divaksin untuk mencegah penularan ?

Apabila belum lewat 48 jam anak sehat kontak dengan pasien cacar air  kemungkinan besar anak sehat tersebut dapat dicegah dengan vaksinasi cacar air agar tidak tertular. Tetapi bila lebih dari 48 jam, kemungkinan anak sudah tertular virus cacar air tersebut, kemudian sudah mulai berkembang biak di dalam tubuh anak tersebut, sehingga vaksinasi tidak mampu mencegah kelanjutan penyakit tersebut.

Anak yang pernah sakit cacar air apakah perlu divaksinasi cacar air ?

Tidak perlu. Umumnya anak yang telah sakit cacar air akan mempunyai kekebalan sampai dewasa, sehingga tidak perlu divaksin cacar air lagi.

 

Sumber : Buku Pedoman Imunisasi Di Indonesia

Penulis : Soedjatmiko, Alan R. Tumbelaka

 


Silahkan bagikan artikel ini jika menurut anda bermanfaat bagi oranglain.