Zootopia


Film ini adalah sebuah film animasi dari Disney yang bercerita tentang dongeng binatang (fabel) dengan plot petualangan, aksi, dan tentunya komedi. Alkisah terdapat sebuah dunia berisi binatang yang sudah berevolusi sehingga tidak saling memangsa lagi dan berperilaku seperti manusia. Binatang-binatang ini berpakaian seperti manusia, dan hidup berdampingan seperti layaknya manusia saat ini.

Tokoh utama adalah seekor kelinci bernama Juddy Hopps (pengisi suara Ginnifer Goodwin) yang berasal dari kota kecil, yang sejak kecil bercita-cita menjadi polisi di kota besar. Meski diremehkan teman-teman dan kurang didukung oleh keluarganya, ia menjadi kelinci pertama yang lulus dari akademi kepolisian, bahkan menjadi lulusan terbaik di angkatannya.

Setelah lulus akademi kepolisian, ia ditugaskan ke pusat kota Zootopia. Zootopia adalah kota metropolis dengan penduduk berbagai jenis binatang, dari yang kecil seperti tikus, hingga binatang besar seperti jerapah dan gajah. Pada hari pertama ia bergabung dalam Zootopia Police Department (ZPD), ia diremehkan oleh atasannya, Chief Bogo (pengisi suara Idris Elba) dan hanya dijadikan petugas pengawas parkir. Di saat yang sama, sesungguhnya sedang terjadi kasus di mana ada 14 mamalia yang menghilang secara misterius dan tidak berhasil dipecahkan polisi lain.

Ketika bertugas sebagai pengawas parkir, ia bertemu dengan Nick Wilde (pengisi suara Jason Bateman), seekor rubah yang memanipulasi kebaikan Juddy. Meski awalnya saling tidak suka, akhirnya Juddy dan Nick menjadi partner yang kompak dan berhasil memecahkan kasus hilangnya 14 mamalia.

Cerita yang ber–genre detektif ini sebenarnya memiliki banyak pesan moral di dalamnya, di samping keseruan memecahkan teka teki penculikan, ketegangan saat melawan penjahat, dan kelucuan berbagai adegannya. Namun demikian, pesan moral film ini tidak semuanya mudah ditangkap oleh penonton anak usia 5 sampai 10 tahun bila tidak didampingi orangtua. Bagi penonton usia 10 sampai 15 tahun, memang sepertinya dapat lebih dicerna.

Beberapa nilai yang nampak mencuat dalam film ini adalah semangat tidak menyerah mencapai cita-cita, tenggang rasa, dan persahabatan. Ada pula unsur pesan moral bahwa siapa pun dapat berperan menjadikan dunia menjadi tempat yang lebih baik. Khusus bagi anak yang sudah agak besar, akan terasa pesan untuk tidak berprasangka atas stereotip ras tertentu.

Film yang disutradari oleh Byron Howard dan Rich Moore ini (yang juga sutradara film Frozen dan Big Hero 6) juga tidak membosankan bagi orangtua yang mendampingi anaknya. Salah satu adegan lucu yang mungkin hanya dipahami para orang dewasa, adalah ketika Juddy dan Nick berhadapan dengan kelompok mafia Mr. Big yang sangat ditakuti. Adegan yang mengingatkan pada film-film mafia seperti Godfather, namun dalam versi animasi anak.

Dari sisi kemasan cerita, seperti biasa, Disney menampilkan animasi yang sangat detil dan menarik. Gerakan animasi yang sangat halus, ekspresif, hidup, dan penuh warna indah,  menegaskan perbedaan antara produk Disney dengan film-film animasi buatan Jepang yang mendominasi acara TV saat ini. Soundtrack yang dinyanyikan oleh Shakira, yang juga mengisi suara tokoh Gazelle, juga membawakan aura yang berbeda.

Agar pengalaman menonton film ini dapat lebih bermanfaat untuk stimulasi kecerdasan dan perilaku anak, berikut hal-hal praktis yang dapat dilakukan orangtua:

  1. Selalu dampingi anak saat menonton. Bicarakan hal-hal yang menarik perhatian anak selama atau sesudah menonton. Tunjukkan pula melalui adegan film beberapa contoh perbuatan yang patut dihargai atau yang sebaiknya tidak dilakukan.
  2. Film Zootopia ini berisi sangat banyak jenis binatang. Hal ini adalah kesempatan baik untuk mengenalkan anak pada berbagai macam jenis makhluk hidup. Tidak ada salahnya membuka ensiklopedia binatang setelah menonton kemudian berdiskusi tentang tokoh-tokoh dalam film ini.
  3. Buat kuis kecil yang ringan namun menarik, seperti misalnya binatang apakah tokoh Clawhauser dalam film tersebut? Bagi anak yang sudah agak besar, pertanyaan dapat dibuat sedikit lebih rumit, misalnya apakah Chief Bogo adalah mangsa (prey) atau pemangsa (predator)?
  4. Kutip beberapa kata kunci atau kalimat pendek dalam bahasa Inggris yang dapat dipelajari makna dan pengucapannya bersama-sama.
  5. Ingatkan anak untuk membiasakan diri memilih perilaku hidup sehat, seperti beraktivitas fisik serta makan wortel dan buah-buahan seperti Juddy dan Nick.

 

Keterangan:

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tidak memiliki kerja sama dalam bentuk apapun dengan pihak pengembang tayangan / game yang bersangkutan.


Sumber Gambar:

http://google.com

 

Penulis:  Dr. Martinus M. Leman, DTMH, Sp.A                      

Ikatan Dokter Anak Indonesia

 

Reviewer: Dr. Catharine Mayung Sambo, Sp.A

Ikatan Dokter Anak Indonesia


Silahkan bagikan artikel ini jika menurut anda bermanfaat bagi oranglain.