Buklet Hiperplasia Adrenal Kongenital


Hiperplasia adrenal kongenital (HAK) adalah kelainan bawaan yang memengaruhi produksi hormon pada kelenjar adrenal. Istilah HAK diartikan sebagai penebalan atau pembesaran (hiperplasia) kelenjar adrenal sebelum lahir (kongenital). Kelenjar adrenal adalah sepasang kelenjar kecil yang terletak di kedua sisi tubuh, di atas ginjal. Kelenjar ini merupakan bagian dari sistem endokrin, sehingga berperan penting dalam produksi hormon.

Hormon-hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal sangat penting untuk pertumbuhan normal dan metabolisme, di antaranya adalah kortisol, aldosteron, dan androgen yang merupakan tiga hormon utama pada kelenjar ini. Kortisol merupakan hormon yang penting dalam mengatur tingkat energi, tekanan darah, kadar gula darah, dan sistem imun. Aldosteron membantu mengatur kadar garam dalam tubuh dengan mengontrol jumlah hilangnya garam pada urin, kelenjar keringat, dan usus. Androgen menstimulasi perkembangan organ reproduktif pada laki-laki juga berperan dalam pembentukan rambut pubis selama pubertas normal pada laki-laki dan juga perempuan.

Apa saja yang terganggu pada penyakit HAK? Apa efeknya terhadap pertumbuhan dan metabolism? Dan apa terapi yang tersedia untuk penyakit ini?

Cari tahu jawabannya di buklet HAK berikut!


Silahkan bagikan artikel ini jika menurut anda bermanfaat bagi oranglain.