Cara Mudah Hindari Pneumonia pada Anak

Pneumonia membunuh ratusan ribu anak-anak setiap tahun di seluruh dunia, penyakit yang menyerang paru-paru dan saluran pernapasan ini secara konsisten menjadi pembunuh nomor satu pada anak usia dibawah lima tahun. Tetapi taukah anda bahwa pneumonia ini mudah untuk dihindari? Ya, hanya dengan melakukan beberapa hal dibawah ini, risiko seorang anak akan terkena pneumonia sangat berkurang.

 

Apakah saja langkah pencegahan?

  • ASI eksklusif dan pemberian makanan pendamping (MP-ASI) yang adekuat, memberikan air susu ibu saja selama 6 bulan dan memberikan makanan tambahan pendamping ASI dengan adekuat terbukti dapat melindungi dari penyakit pneumonia pada anak bahkan dikemudian hari.
  • Imunisasi lengkap. Imunisasi lengkap dapat mencegah anak untuk terjangkit pneumonia, dan dapat juga mencegah penyakit-penyakit lain yang berhubungan dengan pneumonia seperti Campak, Batuk rejan, Difteri, dan penyakit berat lainnya.
  • Cuci tangan dengan sabun. Hal sederhana yang mudah dilakukan dan memiliki dampak yang besar terhadap kesehatan anak adalah kebiasaan mencuci tangan dengan rutin. Seolah-olah sederhana, hanya dengan mencuci tangan secara rutin maka anak dapat terhindar dari penyakit-penyakit seperti pneumonia, diare, bahkan COVID-19. Kenapa cuci tangan penting? Karena jutaan bakteri dan virus menempel di tangan kita akibat bersentuhan dengan segala macam benda-benda yang kotor akan mati dengan mencuci tangan. Ayo budayakan cuci tangan dengan rutin tidak hanya sebelum dan sesudah makan saja ya.
  • Kurangi polusi dalam rumah. Polusi udara baik yang terjadi dalam rumah maupun diluar rumah harus dihindari. Anak jangan sampai terpapar asap rokok, karena sangat berbahaya dapat merusak saluran pernapasan anak. Jangan ada lagi ayah yang menggendong balitanya sambil merokok. Anak yang hidup dengan perokok meskipun tidak merokok langsung di depannya tetap memiliki angka kesakitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak ada perokok di dalam rumahnya.
  • Ya, hanya dengan melakukan hal-hal tersebut diatas anak-anak kita akan terlindungi dan mendapat pencegahan terjadinya pneumonia yang ganas itu.

 

UKK Respirologi

Silahkan bagikan artikel ini jika menurut anda bermanfaat bagi oranglain.


Download ke PDF