Rekomendasi Diagnosis dan Tatalaksana Alergi Susu Sapi

Air susu ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi. Namun pada kondisi tertentu karena indikasi medis bayi tidak dapat memperoleh ASI sehingga diperlukan susu formula. Pada beberapa tahun terakhir ini terdapat peningkatan insidens alergi susu sapi pada bayi dan anak dengan manifestasi klinis yang bervariasi dari ringan sampai berat. Di lain pihak produk-produk susu formula semakin banyak di pasaran.

Melihat kondisi tersebut maka Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) bermaksud untuk memberi penjelasan tentang pendekatan diagnosis serta tata laksana alergi susu sapi dengan membuat suatu rekomendasi yang didasari bukti terbaru yang ada saat ini dan akan direvisi sesuai dengan literatur yang terbaru. Rekomendasi ini adalah hasil diskusi dan kesepakatan antara UKK Alergi Imunologi, UKK Gastrohepatologi, dan UKK Nutrisi dan Penyakit Metabolik dan telah dilakukan revisi sesuai dengan perkembangan dan bukti-bukti terkini.

Dengan adanya revisi rekomendasi ini, diharapkan para dokter anak dapat melakukan diagnosis dan tata laksana alergisusu sapi dengan benar dan seragam.

Download PDF disini.

Download ke PDF