DEKLARASI SURABAYA 2008 - Kongres Nasional Ilmu Kesehatan Anak-XIV

Bahwa anak-anak Indonesia merupakan aset dan generasi penerus bangsa yang penting dan akan menentukan masa depan bangsa Indonesia. Di tangan anak-anak yang sehat dan sejahtera akan melahirkan bangsa yang kuat, sejahtera dan bermartabat.

Adalah suatu kenyataan saat ini bahwa harapan kelangsungan hidup anak-anak Indonesia masih rendah sehingga masih banyak anak- terlahir di negeri ini dalam situasi yang tidak menguntungkan karena berbagai sebab seperti penyakit infeksi, penyakit bawaan, malnutrisi, berat badan lahir rendah dan lain-lain sehingga kualitas hidup mereka dimasa depan akan rendah.

Oleh karena itu kami seluruh Dokter Spesialis Anak Indonesia yang tergabung dalam organisasi profesi kedokteran lkatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dengan ini menyatakan bahwa:

  1. Sebagai insan profesi kami akan berperan aktif sebagai bagian dari masyarakat yang bertanggungjawab dalam mengisi pembangunan bangsa khususnya yang berkaitan dengan upaya peningkatan derajat kesehatan dan kesejahteraan anak Indonesia.
  2. Anak-anak Indonesia seharusnya dapat hidup dalam suasana persamaan, sejahtera, berkualitas dan memperoleh hak untuk kepentingan yang terbaik bagi anak.
  3. Anak-anak Indonesia berhak memperoleh perlindungan terhadap berbagai penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi, dan terhindar dari kekerasan sehingga mereka dapat mencapai tumbuh kembang yang optimal.
  4. Ikatan Dokter Anak Indonesia mendesak kepada pemerintah Indonesia untuk segera memberikan prioritas utama dalam berbagai kebijakan kesehatan Anak di Indonesia khususnya dalam penataan sistem pelayanan dan pembiayaan kesehatan sehingga setiap anak di Indonesia akan memperoleh akses pelayanan kesehatan yang optimal .
  5. Dalam upaya menurunkan angka kematian Bayi dan Balita untuk mencapai Millenium Development Goals di bidang kesehatan perlu segera meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan primer dan pengembangan pusat-pusat rujukan regional

Surabaya, 8 Juli 2008
Kongres Nasional Ilmu Kesehatan Anak ke XIV 2008 (KONIKA)

 

Dr Sukman Tulus Putra, Sp.A(K), FACC, FESC

Ketua Umum PP IDAI 2005-2008       

 

Prof. Dr. Bambang Permono, Sp.A(K)

Ketua Panitia Penyelenggara KONIKA-XIV

 

Download ke PDF