World Diabetes Day 2018


Kegiatan untuk merayakan Hari Diabetes Sedunia yang diperingati pada tanggal 14 November telah dilaksanakan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia selama Bulan November. Berbagai acara juga diselenggarakan oleh IDAI cabang di beberapa kota.

 

    

Hari Minggu, 11 November 2018, acara Car Free Day dalam rangka Hari Diabetes Sedunia dengan tema “Keluarga Sehat Bebas Diabetes” telah dilaksanakan. Acara dihadiri oleh lebih dari 50 anak penyandang diabetes beserta orang tua serta lebih dari 250 peserta umum. Banyak media yang turut hadir dan meliput acara. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Diabetes (khususnya pada anak). 

 


[Aceh]
IDAI Cabang Aceh telah melaksanakan acara Car Free Day pada hari Minggu, 11 November 2018 untuk mensosialisasikan diabetes melitus pada anak di Car Free Day, Banda Aceh. Acara ini dilaksanakan bersamaan dengan perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN).


[Lombok]
IDAI Cabang Lombok merayakan Hari Diabetes Sedunia sekaligus Hari Kesehatan Nasional, dan HUT Yayasan Jantung Sehat. Pelepasan balon oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat dilaksanakan sebagai pembukaan acara perayaan secara simbolis.


[Riau]
Acara Car Free Day juga dilaksanakan oleh IDAI Cabang Riau untuk merayakan Hari Diabetes Sedunia, Hari Pneumonia Sedunia, dan Hari Kesehatan Nasional.

[Kalimantan Selatan]
IDAI Cabang Kalimantan Selatan melaksanakan acara untuk merayakan Hari Diabetes Sedunia di Banjarbaru. Dalam acara ini, walikota turut hadir hingga akhir acara. Acara ini dapat terlaksana atas kerja sama IDAI Cabang Kalimantan Selatan, Persadia dan Prodia.

[Kalimantan Timur]
Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Kalimantan Timur melaksanakan kegiatan edukasi kepada para pengunjung di RS Hermina Samarinda. Diabetes bisa terjadi pada berbagai usia sehingga materi edukasi yang disampaikan juga bisa bermanfaat bagi orang dewasa.

[Jawa Tengah]
Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Jawa Tengah melaksanakan kegiatan besar dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia di Perwakilan Wilayah Solo dengan tema Selamatkan Keluarga dari Diabetes.

[Sulawesi Utara]
Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Sulawesi Utara melaksanakan kegiatan talkshow dalam rangka Hari Diabetes Sedunia pada tanggal 14 November 2018.

[Jawa Timur]
Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Jawa Timur melaksanakan "Gathering and Sharing World Diabetes Day" denga tema Selamatkan Keluarga dari Diabetes bersama Dr. Muhammad Faizi, Sp.A(K); Dr. Nur Rochmah, Sp.A(K); Dr. I Nyoman Arie Purwana, Sp.A; dan Dyah Puspita Sari, SKM. Acara edukasi dilanjutkan dengan outbond dan games menarik.

[Riau]
Ikatan Dokter Anak Indoesia Cabang Riau melaksanakan kegiatan Simposium Awam dalam rangka Hari Pneumonia Sedunia & Hari Diabetes Sedunia pagi ini, hari Kamis 15 November 2018.

[DKI Jakarta]

Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang DKI Jakarta melaksanakan Siaran Medika Media RRI Jakarta dengan ILUNI FKUI pada Program 1 FM 91.2 Mhz dalam rangka memperingati Hari Diabetes Sedunia. Acara berupa Talkshow membahas mengenai "Diabetes Melitus pada Anak: Apakah Bisa?" bersama dengan Dr. Ghaisani Fadiana, Sp.A pada hari Kamis 15 November 2018 pukul 10.00-11.00 WIB.

 

 

Media Briefing “Anak Juga Bisa Diabetes” telah dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2018 di Gedung Adhyatma, Kementerian Kesehatan RI, Jakarta. Acara ini diadakan dalam rangka menyambut #HariDiabetesSedunia #WorldDiabetesDaypada tanggal 14 November 2018.

Materi Media Briefing disampaikan oleh DR. Dr. Aman B. Pulungan, Sp.A(K), FAAP selaku Ketua Umum PP IDAI dan Dr. Cut Putri Arianie, MH.Kes selaku Direktur P2PTM.

Penyintas diabetes anak dan orang tua pun turut menghadiri acara dan berbagi cerita kehidupan anak dengan DM tipe 1 kepada para media. Seluruh media yang datang sangat antusias berdiskusi pada sesi tanya jawab dan wawancara dengan para narasumber di akhir acara.

Ikatan Dokter Anak Indonesia akan mengadakan berbagai acara selama bulan November dalam rangka #WDD2018

 


Silahkan bagikan artikel ini jika menurut anda bermanfaat bagi oranglain.